Oleh: wansalex | 30 April 2012

Soal dan Cara Penyelesaian OSN Fisika SMP Tingkat Kabupaten Tahun 2011

Ujian Nasional telah selesai. Kita tinggal menunggu pengumuman hasilnya. Namun bukan berarti tidak ada pekerjaan di sekolah. Karena berdasarkan Surat edaran dari Dinas PendidikanKabupaten Sumedang tentang OSN (Olimpiade Sains Nasional), bahwa OSN SMP Tingkat Kabupaten Sumedang akan dilaksanakan  pada tanggal 5 Mei 2012.

Saya yakin semua sekolah  sudah melakukan persiapan baik itu berupa seleksi tingkat sekolah maupun persiapan yang berhubungan dengan materi soal-soalnya. Pada postingan sebelumnya dan sudah diketahui semua, bahwa soal-soal untuk OSN tidak hanya menyangkut materi pelajaran yang ada pada tingkatan sekolah itu namun termasuk materi pelajaran pada tingkatan yang lebih tinggi. Contoh : untuk soal OSN Fisika SMP di dalamnya terdapat soal-soal untuk tingkat  SMU. Sehingga memiliki tingkat kesukaran yang jauh lebih tinggi dari UN. Ditambah lagi banyak sekolah yang tidak menerima bentuk silabus dan kisi-kisi soalnya.

Terdorong oleh rasa penasaran, saya mencoba mencari silabus dan kisi-kisi OSN Fisika SMP dengan menggunakan search engine, siapa lagi kalau bukan google dan menemukannya. Namun alangkah kecewanya  karena bentuk kisi-kisinya tidak seperti kisi-kisi UN. Pada silabus dan kisi-kisi OSN tersebut yang ada hanya materi pelajaran saja. Contoh :  Mekanika : Gerak lurus, Gaya, Hukum Newton dan yang lainnya. Kalau sobat2/agan2 penasaran mengenai silabus dan kisi-kisinya ada disini (bagaimana?).

Sehubungan dengan hal-hal tersebut di atas, maka salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengerjakan soal-soal OSN tahun-tahun sebelumnya. Pada postingan sebelumnya saya sudah memberikan soal dan cara penyelesaian OSN Fisika Tingkat Kabupaten Tahun 2010, maka pada postingan kali ini saya akan  berikan soal dan cara penyelesaian OSN Fisika Tingkat Kabupaten Tahun 2011. Untuk melihat soal dan cara cara penyelesaian OSN Fisika Tingkat Kabupaten Tahun 2011 klik di sini

About these ads

Responses

  1. Mana sh ?

  2. assalamualaikum, akhi, bisakah saya dikirimkan lewat email soal olimpiadenya,kok tidak ada yang di download

  3. payah deh klu cuman janji n harus link lagi

  4. Assalamu’alaikum,kok pembahasannya ada yg aneh. (nomer 46)
    mohon penjelasannya, thx

    • Kalau kita menggunakan persamaan matematika untuk perpindahan kalor secara konduksi (Pel SMA kelas X sms 2): Q/t = hAdT/L atau dT1/L1 =dT2/L2 maka 120/100cm = dT2/30cm sehingga dT2=36 maka suhu sisi lain =150-dT2=150-36 =114

  5. penyelesaiannya dimana ya pak?

  6. pak yang 2011 ko’ susah d’downloadnya ?!
    bisa d’Qrim lewat email ?!

  7. alhamdulillah dah bisa ^_^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: