Oleh: wansalex | 9 September 2011

Supernova

Malam kemarin, ada hal spesial muncul di langit malam. Sebuah bintang dengan jarak jutaan tahun cahaya dari Bumi akan meledak. Seperti apa?
Para astronom memprediksi, fenomena yang lebih dikenal sebagai supernova ini mencapai titip paling terangnya sejak 1954 malam kemarin. Ledakan bintang ini tampak di langit malam cerah Indonesia.
Supernova adalah ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih banyak dari nova. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang. Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat cemerlang dan bahkan kecemerlangannya bisa mencapai ratusan juta kali cahaya bintang tersebut semula, beberapa minggu atau bulan sebelum suatu bintang mengalami supernova bintang tersebut akan melepaskan energi setara dengan energi matahari yang dilepaskan matahari seumur hidupnya, ledakan ini meruntuhkan sebagian besar material bintang pada kecepatan 30.000 km/s (10% kecepatan cahaya)dan melepaskan gelombang kejut yang mampu memusnahkan medium antarbintang.

Responses

  1. Wah telat informasinya. Karena….Bila sesuatu terjadi pada benda dengan jarak jutaan tahun cahaya berarti kejadian itu terjadi jutaan tahun yang lalu.Bukan begitu Pak….

  2. betul, tp ingat bahwa waktu pun merupakan konsep yang relatif (relativitas)dan waktu dapt berubah sesuai keadaan.

  3. Iya. Contoh :Bagi saya bulan september 30 hari, tapi bagi bapak 35 hari. Kenapa??? Karena Gajihan bulan September tgl 26 Agustus, He…he…he…Contoh lain; lamanya pertandingan sepakbola akan berbeda bagi tiap orang, padahal waktunya sama 90 Menit.Bukan begitu Pak????

  4. betul, apalagi pada saat injuri time : lila keur anu menang, sakedeng eur anu eleh he…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: