Oleh: wansalex | 23 Januari 2013

Perbandingan Kisi-Kisi UN IPA SMP Tahun 2013 Dengan Tahun 2012

Sebagaimana kita ketahui pada tanggal 20 Nopember 2012, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai badan yang menyelenggarakan Ujian Nasional 2012/2013, telah mengeluarkan Surat Keputusan, nomor : 0019/P/BSNP/XI/2012 tentang Kisi-Kisi Ujian Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Sehubungan hal itu pada postingan kali ini saya akan mencoba membandingkan  Kisi-Kisi UN IPA SMP Tahun 2013 dengan tahun sebelumnya. Saya berikan datanya dalam bentuk tabel berikut :

NO

KOMPETENSI

INDIKATOR 2012

NO

INDIKATOR 2013

1

Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari. 1 Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
2 Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupansehari-hari. 2 Menentukan  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya

atau penerapan  dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 3 Menentukan konversi suhu pada termometer.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. 4 Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
3 Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. 5 Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu. 6 Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. 7 Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat. 8 Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
4 Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang. 9 Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Menjelaskan  sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 10 Menjelaskan  sifat bunyi atau penerapannya dalamkehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan  cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari. 11 Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan  cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
5

 

 

 

 

 

 

Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari. 12 Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam  kehidupan sehari-hari. 13 Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam  kehidupan sehari-hari.
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari. 14 Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan. 15 Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator. 16 Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.

6

Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya. Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari. 17 Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
7 Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari. Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul  sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. 18 Mendeskripsikan atom, ion, dan  molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
8 Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya. Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan. 19 Mendeskripsikan sifat kimia atau  fisika zat tertentu serta perubahannya.
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan. 20 Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia
      21 Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
9 Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya. 22 Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia. 23 Mendeskripsikan bahan kimia adiktif  dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.
10 Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta  pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. 24 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya. 25 Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
11

 

 

 

 

 

Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem. 26 Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. 27 Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus. 28 Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
12 Menjelaskan sistem organ pada manusia. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. 29 Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan. 30 Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. 31 Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. 32 Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. 33 Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia. 34 Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.
13 Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan. 35 Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan.
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar. 36 Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut. 37 Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
14 Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.    
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. 38 Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel. 39 Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia. 40 Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: